Semiotika dalam Kehidupan

 

Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu tanda(sign). Dalam ilmu komunikasi “tanda” merupakan sebuah interaksi makna yang disampaikan kepada orang lain melalui tanda-tanda. Dalam berkomunikasi tidak hanya dengan bahasa lisan saja namun dengan tanda tersebut kita juga dapat berkomunikasi. Semiotika, atau dalam istilah Barthes, semiologi, pada dasarnya hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan (humanity)  memaknai hal-hal (things). Memaknai (to sinify) dalam hal ini tidak dapat dicampur adukkan dengan mengkomunikasikan (to communicate). Memaknai berarti bahwa objek-objek tidak hanya membawa informasi, dalam hal mana objek-objek itu hendak berkomunikasi, tetapi juga mengkonstitusi sistem terstruktur dari tanda. 

Contoh semiotika yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari:

1.      Saya sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya, saya melihat rambu lalu lintas, “dilarang belok " dan lain sebagainya. Makna yang disampaikan dari tanda yang bertebaran di jalan raya berbeda-beda. Contohnya pada rambu lalu lintas, terdapat 3 warna contoh nya lampu merah masing-masing memiliki makna yang berbeda tetapi saya dapat memahami arti warna tersebut.

2.      Saya dirumah sedang ada masalah  dengan orang tua saya kemudian mereka menunjukan silent treatment kepada saya.

3.      Keluarga saya sangat menyayangi saya mereka selalu memberi  nasehat, memberi uang jajan, selalu mendukung apa kemauan saya .

4.       Seekor kucing mengeong dengan keras saat kita sedang makan dengan buntutnya yg naik keatas dan tegak lurus menandakan kucing saya sedang lapar dan ingin makan. Tanda yang di hasilkan oleh kucing tersebut menjadi perhatian orang yang bergerrak dalam bidang semiotik faunal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“ANALISIS OBJEK KAJIAN SEMIOTIKA “ LUKISAN KARYA RADEN SALEH “

Menceritakan pengalaman saya berkaitan dengan objek (seni atau desain), dan apa yang membuatmu tertarik untuk meneliti-nya lebih lanjut.