Analisis Visual Branding Konten Digital Karin Novilda (Awkarin)
Tulisan ini akan menganalisis visual branding dari konten
digital milik konten kreator Karin Novilda atau yang lebih dikenal dengan nama
Awkarin.
ABSTRAK
Visual Branding adalah pengaruh yang diakibatkan oleh suatu
bentuk visual untuk mendiferensiasikan brand. Diferensiasi artinya membedakan
brand tersebut dari brand kompetitor, sehingga dapat terlihat dan dirasakan
menonjol dibanding yang lain dan memiliki nilai reminding yang tinggi. Kegunaan
visual branding pada dasarnya adalah untuk mendiferensiasikan brand, membuatnya
berbeda, dan menonjol dari kompetitor. Visual branding dapat meningkatkan
product demand, product awareness, dan brand awareness jika dibangun dengan
baik dan tepat.
Thumbnail adalah istilah yang sudah tak asing ketika
menggunakan internet. Thumbnail adalah bagian yang digunakan saat mengunggah
video, blog, atau konten tertentu. Peran thumbnail adalah menjadi kesan utama
bagi para audiens. Thumbnail adalah bagian penting jika ingin memikat penonton
atau pengakses di internet. Bisa diibaratkan, thumbnail adalah sampul sebuah
buku. Dalam tampilan tertentu, thumbnail adalah miniatur dari sebuah gambar
atau halaman. Thumbnail adalah miniatur halaman atau gambar yang digunakan
untuk mengidentifikasi file berdasarkan isinya. Ketika thumbnail diklik, ia
akan membuka file. Thumbnail di internet juga bertanggung jawab atas kesan
pertama konten web seperti gambar dan video. Thumbnail digital mewakili versi
yang lebih besar dari gambar yang sama, gambar mini juga biasanya berfungsi
sebagai tautan ke gambar yang lebih besar. Misalnya, mengklik thumbnail pada
halaman hasil pencarian Gambar Google akan membuka halaman yang menyertakan
gambar ukuran penuh. Demikian pula, mengklik dua kali gambar mini di browser
foto biasanya akan menampilkan versi ukuran penuh. Thumbnail yang digunakan di
YouTube harus menarik perhatian penonton dalam beberapa detik. Di YouTube,
fungsi thumbnail adalah mendorong penonton untuk mengklik video. Untuk
YouTuber, thumbnail yang sukses adalah cara terbaik untuk mendapatkan klik,
tampilan, dan mungkin subscriber baru.
2. Siapa itu
Karin Novilda (Awkarin)
Karin Novilda Sulaiman (lahir 29 November 1997) adalah
seorang selebriti internet, Youtuber, model, pengusaha dan penyanyi
berkebangsaan Indonesia. Asal-usul nama awkarin, Pada awalnya, ia ingin memberi
nama akunnya dengan Awkward Karin. Menurut pengakuannya, ia sempat tidak bisa
berkomunikasi di depan orang banyak ataupun di depan kamera. Karena itu, ia
digolongkan sebagai orang yang awkward menurut Bahasa Inggris, yang dalam Bahasa
Indonesia diartikan sebagai “canggung”. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk
memakai nama pengguna @awkwardkarin di salah satu akun media sosialnya. Namun,
menurutnya, nama tersebut terlalu panjang. Ia pun menyingkat kata awkward
menjadi awk saja. Karena “Karin” merupakan nama depannya, maka huruf K pada
kata awk dihilangkan, sehingga terbentuklah nama “Awkarin”.
3. Pentingnya
mengkaji konten youtube Karin Novilda
Selebgram Karin Novilda alias
Awkarin kini kerap menjadi sorotan. Dirinya banyak dipuji karena melakukan
banyak hal yang positif. Padahal, dulu Awkarin kerap dibully karena banyak
kontroversi dan viral setelah posting video putus cinta. Sosok Awkarin yang
awalnya viral karena menangis diputuskan pacar dan banyak dibenci karena
beragam kontroversi, kini menjelma jadi sosok yang dipuja. Awkarin adalah salah
satu selebgram terkenal di Indonesia. Kehidupan sehari-harinya selalu menjadi
sorotan publik terutama oleh para penggemar yang usianya masih belia. Instagram
milik Awkarin adalah salah satu Instagram yang memiliki banyak followers di
Indonesia. Awkarin sendiri mempublikasikan kehidupannya melalui akun Youtube
miliknya yang selalu ditonton banyak orang.
Pada akun youtube miliknya,
awkarin tidak hanya menyuguhkan tayangan tentang kehidupannya, ia juga
menyuguhkan tayangan mengenai edukasi, hiburan, pariwisata, fashion dan
podcast. untuk menarik minat dari tayangan youtube miliknya, awkarin selalu
menampilkan visual thumbnail yang menarik, ia memberikan judul pada thumbnail
dengan warna yang cerah serta menampilkan wajah dari pengisi tayangan dikonten
youtubenya. thumbnail yang menarik akan sangat berpengaruh pada minat penonton
youtube untuk melihat tayangan youtube tersebut. thumbnail yang dihadirkan pada
youtube awkarin menggunakan perpaduan warna warna pastel seperti pink fuchsia,
kuning medallion, biru, hitam dan putih. perpaduan warna dengan judul pada
thumbnail yang menarik membuat penonton youtubenya menembus angka puluhan,
ratusan ribu bahkan jutaan penonton.
4. Menganalisis
Konsep Desain Pada Thumbnail Youtube Awkarin Menggunakan Teori Semiotika
Awkarin merupakan seorang
influencer sekaligus konten kreator yang sudah memiliki nama besar di
Indonesia, eksistensinya sebagai seorang influencer dan konten kreator yang
penuh dengan kontroversi menjadikan dirinya dikenal dikalangan remaja hingga
dewasa. awkarin menampilkan kehidupannya yang tidak terlepas dari kebebasan dan
kemewahan sebagai seorang remaja. hal ini menjadikan konten youtubenya banyak
dilihat dan diminati oleh kalangan remaja. bukan hanya tentang kehidupannya
yang banyak menuai kontrovesri, awkarin juga menampilkan tayangan mengenai
pariwisata, ia bersama dengan teamnya mengunjungi tempat-tempat wisata yang
masih sedikit peminatnya. hal yang dilakukan oleh awkarin ini dapat membantu
meningkatkan pariwisata di Indonesia. dengan mengenalkan tempat wisata yang
belum banyak terjamah, dengan tampilan kualitas video yang baik, awkarin
berhasil menarik minat masyarakat atau penonton youtube untuk menonton bahkan
mengunjungi tempat wisata tersebut. Thumbnail Youtube Awkarin dikaji dengan
teori semiotika untuk mengenali tanda-tanda yang ada serta mengetahui bagaimana
eksistensi tayangan youtube awkarin dapat terus diminati oleh penikmat youtube.
dengan menghubungkan semiotika dengan thumbnail konten youtube milik awkarin,
kita dapat mengenali bagaimana penonton youtube mengetahui dan mengenali konten
tersebut milik dari awkarin, bagaimana penonton youtube tetap memiliki minat
untuk menonton konten youtube milik awkarin, serta bagaimana awkarin tetap
menjaga eksistensinya sebagai seorang youtuber.
5. Semiotika Menurut Para Ahli
semiotika adalah sebuah disiplin
ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada
suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut.
semiotika terdiri atas sekumpulan teori tentang bagaimana tanda-tanda
merepresentasikan benda, ide, keadaan situasi, perasaan dan kondisi diluar
tanda-tanda itu sendiri. Pendekatan semiotik merupakan sebuah pendekatan yang
memiliki sistem sendiri, berupa sistem tanda. Tanda itu dalam sastra khususnya
sastra tulis diberikan dalam suatu bentuk teks, baik yang terdapat di dalam
struktur teks maupun di luar struktur teks karya tersebut. Tanda-tanda dalam
karya sastra tulis mempunyai banyak interpretasi makna dan memiliki pluralitas
makna yang luas tergantung kepada para pembaca Ketika memberi penilaian
terhadap teks karya yang dikaji. Setiap pembaca sastra harus menyadari bahwa ia
sedang berhadapan dengan teks yang berbeda dengan teks yang lain. Makalah ini
akan membahas kajian semiotik dalam karya sastra asing. Model teoretis yang
digunakan adalah model Roland Barthes meliputi pendekatan semiotik, semiologi
Roland Barthes, dan penerapannya dalam karya sastra asing berbahasa Prancis.
RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana konsep desain pada thumbnail ini dapat
menarik dilihat oleh penonton youtube
Thumbnail Youtube adalah hal
pertama yang dilihat penonton saat menjelajahi saluran Youtube. Thumbnail
merupakan kilasan dari isi keseluruhan video dan menjadi faktor besar dalam
menentukan apakah mereka akan menontonnya atau tidak. Sehingga dalam pembuatannya,
thumbnail haruslah dibuat semenarik mungkin. Thumbnail Youtube sama seperti
sampul buku untuk video Youtube. Ini adalah hal pertama yang orang perhatikan
sebelum memutuskan apakah mereka akan mengklik video, atau terabaikan begitu
saja di tengah kepungan video lain.
Youtube melaporkan bahwa 90%
video dengan kinerja terbaik di Youtube memiliki thumbnail khusus. Sehingga,
tidak menggunakan thumbnail khusus pada video akan membuat kehilangan peluang
besar untuk mendapatkan perhatian dari penonton.
Elemen-elemen apa saja yang
merupakan bagian dari setiap thumbnail YouTube.
a.
headshot yang ekspresif
Mata manusia lebih tertarik pada pada gambar wajah yang
terlihat di layar kaca, terutama wajah-wajah yang penuh ekspresi. Kenapa?
Karena ekspresi wajah dapat membuat orang penasaran tentang alasan di balik
ekspresi yang dipancarkan, sehingga menggugah penonton untuk memutar video. Ini
sebabnya mengapa banyak Youtuber memiliki gambar close-up wajah (headshot)
mereka sebagai thumbnail
Namun, perlu dicatat bahwa gambar latar belakang thumbnail
tidak harus berupa close-up wajah. Bisa menggunakan gambar yang sesuai dan
menarik berdasarkan jenis video yang dibuat. Contoh lain adalah jenis video
web-series. Kemudian, yang terpenting lagi adalah dimensi gambar yang
digunakan. Besar dimensi gambar yang disarankan yaitu 1920 x 1080.
b.
Teks tebal dan besar
diingat, atau bahkan hanya judul video itu sendiri. Ingat
bahwa orang-orang lebih cenderung membaca teks pada gambar thumbnail daripada
teks dalam kolom deskripsi di bawah video Youtube. Salah satu tipsnya, anda
bisa membiasakan penonton dengan brand dan konten video. Cara yang baik untuk
melakukan ini adalah konsisten dengan gaya font yang sama dan warna yang
mengesankan.
c.
Menambahkan efek stiker ke subjek utama
Anda dapat menambahkan stiker untuk membuat tampilan subjek
utama lebih menonjol. Hal ini berguna untuk menciptakan desain yang kuat untuk
thumbnail video Youtube anda.
d.
Teknik kontras dalam desain thumbnail
Memasukkan teks sebagai judul video adalah penting. Tetapi,
jika penonton tidak bisa membacanya, lalu apa gunanya? Di situlah teknik
kontras dalam desain thumbnail berperan. Meski ada banyak jenis kontras yang
berbeda, yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah kontras warna. Misal,
katakanlah, hitam dan putih memiliki kontras yang tinggi, sedangkan merah dan
jingga memiliki kontras yang rendah.
2.
Bagaimana pesan yang terdapat pada konten
youtube ini tersampaikan dengan baik
Awkarin menambahkan informasi-informasi dengan menggunakan
bahasa sehari hari yang mudah dipahami disertakan dari sumber sumber yang
valid. Supaya pesan berjalan efektif, Awkarin memberikan konteks yang tepat
menjadi hal yang menarik perhatian viewer. Isi pesan mengandung sesuatu yang
berarti dan penting untuk diketahui oleh viewers. Cara penyampaian pesan atau
informasi perlu dirancang secara cermat sesuai dengan karakteristik penonton
konten youtubenya. Pesan yang awkarin sampaikan ditata sesuai dengan diri
komunikan yang akan dijadikan sasaran. Pesan yang yang disampaikan menggunakan
tanda-tanda yang tertuju kepada pengalaman yang sama antara awkarin dan
viewers, sehingga pesan yang disampaikan dapat lebih mudah dimengerti dan
tersampaikan dengan baik oleh penonton youtubenya.
3.
Bagaimana menganalisis konsep desain pada
thumbnail youtube menggunakan teori semiotika
Thumbnail Youtube Awkarin dikaji dengan teori semiotika
untuk mengenali tanda-tanda yang ada serta mengetahui bagaimana eksistensi
tayangan youtube awkarin dapat terus diminati oleh penikmat youtube. dengan
menghubungkan semiotika dengan thumbnail konten youtube milik awkarin, kita
dapat mengenali bagaimana penonton youtube mengetahui dan mengenali konten
tersebut milik dari awkarin, bagaimana penonton youtube tetap memiliki minat
untuk menonton konten youtube milik awkarin, serta bagaimana awkarin tetap
menjaga eksistensinya sebagai seorang youtuber. Awkarin menampilkan konsep
thumbnail pada youtubenya dengan menggunakan tampilan teks, gambar, kontras
warna pada gambar serta judul pada youtubenya dengan sedetail dan semenarik
mungkin. Pada beberapa video youtubnya dengan judul dan konsep yang berbeda
awkarin membuat perbedaan warna dan jenis font yang menonjol, hal itu membuat
tampilan youtubenya menarik dan tidak membosankan. Awkarin terus menghadirkan
inovasi pada setiap thumbnail youtubenya untuk tetap mempertahankan penonton
youtubenya.
Kajian Literatur
1. Jurnal
Pengantar Tinjauan Desain : dalam perspektif Archer (1976) menyebutkan bahwa
desain salah satu pemecah sebuah masalah dengan satu target yang jelas. Desain
sendiri sudah menjadi bentuk kebutuhan manusia dalam badani maupun rohani yang
digunakan dalam setiap bidang sesuai kebutuhan seperti keahlian, pengalaman,
maupun ilmu pengetahuan dengan mengapresiasi sekeliling, terlebih yang
berhubungan dengan bentuk, komposisi, warna, arti, nilai dengan berbagai
tujuan. Sementara itu, Robert Venturi meringkas secara sederhana tentang
pergeseran paham desain yang lebih menekankan pada penanda serta pemaknaan baru
dengan aspek utamanya berpusat pada psikologis manusia. Desain yang tidak
memiliki batas pasti dengan lingkup yang memungkinkan untuk dipecahkan oleh
kreatifitas manusia. Kini profesi desain sudah mengalami perkembangan di dunia
internasional seperti Desain Produk Industri, Desain Grafis, Desain Interior,
Desain Multimedia, Desain Komunikasi Visual. Yang mana masing-masing profesi
tersebut memiliki sejarah dan wilayahnya tersendiri. Desain suatu tatanan
bentuk gabungan dari interaktif-sinergis antar manusia, alam serta lingkungan
dengan arti yang begitu luas. Maka dari itu desain dengan segala
permasalahannya diyakini memiliki makna tersendiri, terlebih jika dilihat dari
unsur kesejarahannya. Untuk mempermudah pemahaman, dapat disimpulkan secara
sederhana bahwa desain dinilai semakin penting dalam peradaban manusia masa
kini guna menunjang pertumbuhan industri, ekonomi, bahkan kualitas hidup yang
dengan artian karya desain tersebut tak dapat mengelak dari tanggungjawab serta
moral masyarakat sekitar yang dapat diintrepetasi keberadaannya sebagai sebuha
karya yang bermakna.
2. Jurnal Semiotika
Dalam Metode Penelitian Komunikasi : (Eco dan Hoed dalam Sobur, 2003)
menyebutkan bahwa pada kajian semiotika terdapat dua jenis yang membedakan,
yaitu semiotika komunikasi dan semiotika signifikasi. Semiotika komunikasi
dengan penekanan pada teori yang berhubungan mengenai tanda yang salah satunya
diasumsikan memiliki faktor dalam komunikasi, sedangkan semiotika siginifikasi
lebih mengutamakan segi pemahaman pada tanda sehingga penerima tanda lebih
diperhatikan. Semiotika sendiri suatu ilmu yang mempelajari serta mengkaji
tanda-tanda dengan suatu ilmu maupun metode analisis. Penggunaan semiotika
saling berhubungan dengan cara berfungsi, hubungan dengan tanda lain, pengirim
dan penerima. Semiotika sendiri mempelajari sistem, aturan, bahkan konvensi
yang memungkinkan bahwa tanda tersebut memiliki sebuah arti tersendiri. Menurut
Tinarbuko (2008), semiotika memiliki dua tokoh besar, yaitu Ferdinand de
Saussure dan Charles Sander Peirce. Yang mana kedua tokoh tersebut
mengembangkan ilmu semiotika dengan cara yang terpisah dan keduanya bahkan
tidak saling mengenal satu sama lain. Dengan latar belakang keilmuan yang
dikembangakn berbeda, yang mana Saussure mengembangkan ilmu semiologi yang
didasari pada perbuatan dan tingkah laku manusia dapat membawa makna sebuah
tanda. Sedangkan Peirce menyebutnya sebagai semiotika yang mana penalaran
manusia senantiasa dilakukan lewat sebuah tanda. Dan dalam perkembangannya,
istilah penyebutan semiotika lebih populer daripada semiologi. Tradisi
semiotika memiliki unsur yang saling berkumpul antar teori tentang bagaimana
sebuah tand abis amerepresentasikan benda, ide, sitausi, bahkan keadaan.
Semiotika sendiri tentang bagaimana memperkaya pemahaman manusia terhadap teks
yang bersifat interpretatif, dengan dua aliran besar yang berpengaruh dan
saling berdominan di Eropa-Amerika Utara.
3. Jurnal Rancang
Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia : Dalam perspektif Wulandari
(2012) menjabarkan bahwa kata game diambil dari kata Bahasa Inggris yang
artinya permainan. Permainan sendiri dapat dikatakan jika dimainkan dengan
adanya peraturan yang akan digunakan dalam permainan tersebut. Menurut Sadiman
(2010) game suatu kompetisi antar pemain yang saling berinteraksi satu sama
lain dengan adanya aturan untuk mencapai tujuan tertentu pula. Dengan pemain
yang harus bisa menemukan startegi untuk memecahkan masalah guna memenangkan
game tersebut. Sedangkan video game adalah permainan yang dimainkan dengan media
elektronik dengan banyak keunggulan sehingga menarik perhatian dan memberikan
kepuasan batin kepada yang memainkannya. Melalui berbagai perkembangan game
kini sudah beranjak naik dan menyebar dan munculah game-game bergenre baru yang
diciptakan demi menarik perhatian masyarakat guna mencapai pangsa marketing.
Mulai dari game edukasi, fantasi, thriller, horror, dan lain-lain. Game yang
memiliki perkembangan panjang dengan tujuan untuk refreshing yang tidak
berkonteks serius serta sebagai sarana pembelajaran. Sebagai contoh game
edukasi yang memiliki tujuan sebagai media edukasi yang memiliki pola
pembelajaran learning by doing. Dimana pemain dituntut untuk belajar guna
memecahkan masalah yang ada. Dengan keunggulan dalam beberapa aspek untuk dapat
menunjang proses pendidikan.
Daftar Isi
https://mirmagz.com/2021/03/24/teori-hermeneutika-hans-georg-gadamer/
https://core.ac.uk/download/pdf/144237189.pdf
https://fisip.umsu.ac.id/2021/06/09/apa-itu-semiotika/
https://pps.unj.ac.id/publikasi/dosen/ninuk.lustyantie/16.pdf
https://crafters.getcraft.com/id-articles/tips-membuat-thumbnail-youtube-agar-lebih-menarik
Komentar
Posting Komentar